Sahabat Petani adalah salah satu inisiatif dari Petrokimia Gresik untuk menciptakan komunitas bagi petani muda di Instagram. Konten yang biasa dibuat adalah konten-konten yang membantu petani muda ini untuk lebih maju lagi.
Masalah
Tim dari Sahabat Petani dan Penulis.ID sama-sama sadar bahwa topik pertanian “kurang sexy” di social media. Namun kami percaya bahwa pasti ada market petani muda yang tertarik belajar. Selain itu, kami juga yakin pasti ada petani muda yang juga bersemangat menyebarkan gaya hidup bertani yang lebih seru.
Untuk bisa mengembangkan komunitas ini lebih lanjut, fokus utama adalah meningkatkan brand awareness dari Sahabat Petani di Instagram.
Solusi
Dengan misi meningkatkan brand awareness Sahabat Petani di Instagram, salah satu ide Penulis.ID adalah mengajak selebgram yang memang gemar pertanian. Namun, karena ini masih pilot project, budget untuk selebgram masih sangat kecil.
Setelah melihat database selebgram kami, Penulis.ID akhirnya memutuskan bekerjasama dengan @lulukmd dan @dhaturembulan. Strategi yang digunakan adalah @lulukmd dan @dhaturembulan membuat sebuah postingan di Instastory mereka. Konten yang diposting di Instastory sebelumnya telah disiapkan oleh tim Penulis.ID.
Hasil
Dengan budget hanya 2,5 juta rupiah saja, total Instastory mengenai Sahabat Petani menghasilkan 19 ribu impression di Instagram. Dengan target yang memang brand awareness, maka komunitas Sahabat Petani mulai dilihat oleh ribuan anak muda yang memang tertarik dengan dunia pertanian. Apabila digabungkan dengan strategi social media lain yang kami terapkan, maka di bulan itu Sahabat Petani berhasil meningkatkan jumlah followernya hingga 53%!
Influencer Management Package
Platinum
- Please Contact Us